5 Tanda Awal Kehamilan Yang Harus Anda Ketahui
Yuk, mari kita mengetahui tanda-tanda kehamilan dengan berikut ini 5 tanda awal kehamilan yang harus anda ketahui setelah berhubungan. Kehamilan adalah salah satu anugerah terbesar bagi sepasang suami istri yang telah lama mendambakan buah hati. Karena belum pernah sama sekali yang namanya mengandung ataupun hamil, tentu tak jarang para ibu rumah tangga tidak mengerti tentang tanda-tanda dirinya sedang hamil. Akibatnya, ia makan sembarangan padahal didalam perutnya sudah ada bayi-nya. Padahal, ibu hamil juga memiliki macam-macam makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi karena bisa membahayakan calon buah hati. Oleh karena itulah, disini akan blog artikel kesehatan ginekologi ini menjelaskan mengenai tanda awal kehamilan yang dapat anda jadikan sebagai acuan.

5 Tanda Awal Kehamilan Yang Harus Anda Ketahui

1. Ukuran payudara

Gambar 1. Tanda Awal Kehamilan - Ukuran Payudara

Ukuran payudara seorang wanita yang hamil tentu akan berubah karena aktivitas hormon esterogen dan progesteron yang semakin tinggi. Ukurannya akan menjadi lebih besar dan juga lebih sensitif jika tersentuh. Rasanya akan berubah menjadi sedikit nyeri ketika tersentuh.

2. Mual dan muntah

Gambar 2. Tanda Awal Kehamilan - Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan tanda umum yang memang dapat mengindikasikan bahwa seorang wanita sedang mengandung. Rasa mual dan muntah ini akan muncul kapan saja, bahkan ketika anda menghirup aroma makanan tertentu, rasa mual dan ingin muntah ini akan sering muncul. Jika hal ini terjadi segeralah mengetes kehamilann anda dengan menggunakan tespack

3. Kram perut

Gambar 3. Tanda Awal Kehamilan - Kram Perut

Salah satu tanda yang satu ini pasti terjadi pada awal kehamilan. Kram perut terjadi karena adanya implantasi janin ke dinding rahim. Hal ini akan terus terjadi hingga perkembangan janin selesai.

4. Telat haid

Gambar 4. Tanda Awal Kehamilan - Telat Haid

Ini adalah tanda yang juga paling terlihat jelas. Ketika waktu haid anda sangat telat dari tanggal biasanya, maka hal ini dapat diyakini sebagai salah satu tanda awal kehamilan. Karena itulah sangat penting untuk memiliki catatan haid setiap bulannya untuk digunakan sebagai acuan.

5. Sering buang air kecil

Gambar 5. Tanda Awal Kehamilan - Sering Buang Air Kecil

Karena perkembangan janin yang membutuhkan ruang didalam perut, hal inilah yang membuat kandung kemih terdesak dan membuat anda selalu ingin buang air kecil.

Jika tanda-tanda diatas anda alami, maka langkah awal yang dapat anda lakukan adalah tes urin dengan tespack. Jika anda merasa kurang puas dengan hasil yang diperlihatkan oleh tespack, anda dapat memeriksakan diri ke bidan terdekat. Jika anda sudah positif dinyatakan sedang mengandung, maka anda harus memperhatikan berbagai hal penting yang perlu diketahui oleh ibu hamil.

Diantaranya adalah pantangan untuk memakan makanan yang memiliki efek panas (durian, tapai, nanas), meminum minuman beralkohol, larangan merokok dan menghindari minuman berkafein. Anda juga harus memperbanyak asupan protein, asam folat, kalsium, serta berbagai nutrisi lain yang dapat menunjang kesehatan janin yang berada didalam kandungan. Jangan lupa untuk melakukan olahraga dan istirahat yang cukup demi menjaga kesehatan sang buah hati.

Demikian ulasan tentang tanda kehamilan awal dan cara menyikapinya. Semoga dengan adanya informasi kesehatan dari ginekologi ini juga bisa memberikan kepada para ibu ataupun suami mengenalinya dan bila perlu melakukan pemeriksaan ke dokter sedini mungkin.