Makanan sehat untuk Ibu hamil yang baik, bagus dan cocok dikonsumsi dalam sehari-hari menjadi hal penting diperhatikan asupan yang masuk apa saja. Ibu hamil baik masa kehamil mudah, trisemester pertama, 3, 4, 5 bulan, 6, 7 , 8, dan sampai 9 bulan tentunya memerlukan nutrisi yang cukup untuk kesehatan dirinya serta bayi yang berada dalam kandungan.

Oleh karena itu, asupan nutrisi ibu hamil harus dipenuhi agar tidak terjadi hal buruk nantinya. Dari beragam makanan yang ada, terdapat makanan-makanan tertentu yang dapat memberi manfaat besar bagi ibu hamil. Apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil agar kesehatan dirinya dan calon buah hati tidak terganggu?

Sebelum mendapatkan informasi tentang makanan sehat untuk Ibu hamil, maka ada baiknya para Ibu ataupun suami mengetahui berikut ini Tanda Awal Kehamilan.

Berikut akan ada informasi kesehatan wanita lainnya yang bisa di sampaikan tentang makanan sehat untuk ibu hamil dibawah ini.


1. Bubur kacang hijau

Makanan sehat untuk Ibu hamil - Bubur kacang hijau

Makanan yang baik, bagus serta menyehatkan bagi Ibu hamil adalah kacang hijau. Kacang hijau merupakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin E dan zat gizi lainnya. Karena keberadaan nutrisi-nutrisi tersebut, kacang hijau sangatlah baik untuk dikondumsi bagi ibu hamil. kacang hijau sebaaiknya diolah menjadi bubur kacang hijau karena pada olahan ini makanan akan mengandung santan. santan juga merupakan jenis makanan yang banyak mengandung gizi yang tepat untuk ibu hamil dan bayi yang sedang berada didalam kandungan.

2. Sayur mayur

Makanan sehat untuk Ibu hamil - sayur mayur

Untuk mensuplai kebutuhan vitamin dan mineral, sayuran merupakan bahan makanan yang harus ada disetiap menu makan ibu hamil. sayuran sangat baik untuk mendorong pertumbuhan bayi agar tetap notmal dan tanpa cacat sedikitpun. Tak hanya itu saja, serat didalam sayuran juga bermanfaat sebagai pencegah sembelit bagi ibu hamil.

3. Ikan Matang

Makanan sehat untuk Ibu hamil - sayur mayur

Ikan merupakan bahan makanan yang banyak mengandung asam folat. Daging ikan sangat baik untuk perkembangan otak bayi yang berada didalam kandungan. Karena itulah, jika anda ingin anak tumbuh dengan cerdas, konsumsilah ikan ketika hamil. baik ikan air tawar maupun ikan laut, keduanya memiliki manfaat yang sama-sama berlimpah.

4. Telur

Makanan sehat untuk Ibu hamil - Telur

Telur mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk membangun sel-sel didalam tubuh ibu maupuncalon bayi. Karena kandungan inilah, telur merupakan salah satu makanan yang dapat anda masukkan kedalam menu wajib ibu hamil.

5. Beras merah

Makanan sehat untuk Ibu hamil - Nasi Merah
Beras merah merupakan makanan pokok yang kaya akan kandungan serat, mineral serta berbagai jenis vitamin. Ketika sedang hamil, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi beras merah untuk membuat bayi didalam perut menjadi sehat dan perkembangannya tidak lambat. Beras merah dapat anda jumpai dipasar maupun toko. Meski harganya lebih mahal dibanding beras biasa, namun manfaatnya memang sangat berlimpah karena dapat menjaga kesehatan ibu hamil serta bayinya.

6. Buah-buahan

Makanan sehat untuk Ibu hamil - Buah-buahan

Nah, untuk ke 6 sekaligus informasi terakhir ini sebagai makanan sehat untuk Ibu hamil yang bisa direkomendasi blog ini adalah buah-buahan. Ya, benar, buah-buahan memang kaya manfaatnya. Memakan buah juga sangat baik bagi ibu hamil dan bayi yang sedang berada didalam kandungan. Pilihlah buah yang tidak bersifat panas seperti buah durian dan buah nanas. Pilihlah buah yang segar seperti anggur, jeruk, apel, jambu biji dan buah-buahan lain yang dapat menyegarkan.

7. Yogurt

Makanan sehat untuk Ibu hamil, 7. Yogurt

Bayi membutuhkan kalsium yang diperuntukkan tulangnya tumbuh, dan Anda juga perlu menjaga dan membantu otot-otot untuk kuat dan saraf tetap berfungsi. Membutuhkan sekitar 1.200 mg setiap harinya. Kandungan yang terdapat pada yogurt protein dan juga asam folat. Yogurt juga memiliki bakteri yang baik dan membantu mencegah sakit perut dan infeksi jamur (yang lebih sering terjadi pada kehamilan).

8. Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk Ibu hamil, 8. Kacang-kacangan

Kacangan memiliki mineral penting (tembaga, mangan, magnesium, selenium, seng, dan juga kalsium) dan juga memiliki vitamin E.

9. Air

Makanan sehat untuk Ibu hamil, 9. Kacang-kacangan

Ok, hal ini memang bukanlah soal makanan, tetapi memberikan manfaat bagi kesehatan sebagai konsumsi tambahan. Tidak mementingkan apakah Anda itu hamil muda atau masa kehamilan trisemester pertama, 3 bulan sampai 9 bulan tentu mengkonsumsi air menjadi hal yang wajib untuk dikonsumsi Ibu hamil.

Air memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi Anda untuk tetap tumbuh. Manfaatnya mulai dari membangun sel-sel baru, penghilangkan racun, membuat perut merasa kenyang dan masih banyak lagi.

10. Salmon

Makanan sehat untuk Ibu hamil, 10. Salmon

Terakhir adalahh ikan salmon. Salmon adalah makanan yang baik dan bagus untuk Ibu hamil. Selain itupulan sehat. Salmon dikenal memiliki omega 3 dan asam lemak esensial  yang paling penting sebagai DHA. Selain itu, membantu metabolisme vitamin yang larut dalam lemak seperti A, dan E. Ini dapat membantu mengurangi risiko depresi prenatal, dan untuk perkembangan mata bayi Anda serta otak (baik otak dan retina terutama yang terdiri dari DHA).

Nah, bagi para Ibu hamil yang tidak suka atau gemar dengan ikan salmon, maka bisa mencoba makanan yang mengandung omega 3 yang lainnya, seperti tahu, telur dan ada lainnya juga. 

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan sehat untuk Ibu hamil yang baik maupun bagus yang dapat anda jadikan sebagai sumber referensi. Semoga bermanfaat dan memberikan hasil baik dari ke 10 makanan sehat untuk Ibu hamil.